Selasa, 05 Juni 2018

Bubur Ayam

Balik gawe mampir di warung bubur ayam. Pas makan, samping-sampingan sama ibu-ibu muda, sambil makan, sesekali kita saling liat-liatan. Gue senyum dia bales ngelakuin hal yang sama.
#setdah.
Ternyata manis juga ini emak-emak.

Udahannya, ternyata si ibu muda selesai duluan. Dia berdiri ngedeketin si penjual bubur, siap-siap bayar. Lagi-lagi kita saling liat-liatan. Sekarang dia-nya yang senyum duluan. Senyum mencurigakan.

*tiba-tiba perasaan jadi gak enak gini*

Sedikit bisik-bisik dia bilang ke penjual bubur, "sekalian sama mas yang itu ya..."

#njir. Nyaris keselek gue langsung bilang, "jangan, gak usah bu, saya bayar punya saya sendiri."
Dalem hati sih, gue ngarep si ibu muda bakal tetep keukeuh ngebayarin bubur gue. Etapi akhirnya, dia pasang muka nyesel sambil bilang, "maaf ya mas, ngga bermaksud...."

Langsung aja gue sela,"udah saya terima niat baiknya kok bu, makasih ya bu..."

Dia terima kembalian, lagi untuk terakhir kali kita liat-liatan. dia senyum sambil ngangguk-ngangguk kecil, terus pergi.

Sepeninggal si ibu muda tadi, gue senyum-senyum sendiri. Dalem beberapa detik, waktu seakan berhenti untuk ngasih kesempatan buat gue mikir dan nyimpulin satu asumsi. yah, pasti ini karena kadar tampan dan senyum maut gue yang ngebuat ibu muda tadi seketika jadi murah hati. Aseli, gue ngerasa tampan tiba-tiba.

*kibas kerah baju*

Sampe dirumah, gue langsung berdiri di depan kaca. Ngucek-ngucek mata, ngucek-ngucek lagi, ngucek-ngucek berkali-kali. Nyaris gak percaya sama apa yang gue liat di balik kaca.

#etbuset!
Dicari di kamus manapun, penampilan gue ketika itu bener-bener jauh dari kata tampan. Gue bener-bener Kucel sekucel-kucelnya kucel.

#kampret.
Pasti si ibu muda tadi jadi murah hati bukan lantaran terpesona sama ketampanan gue, tapi lebih kepada kesian sama tampilan gue yang kek jalan tanah abang di jam-jam macet. Beneran berantakan.

#sompret.
Muka gue sore itu emang lagi ngedukung banget buat dijadiin objek penerima derma dan sedekah dari orang-orang yang berhati mikail. Dan ngebuat si ibu muda yang manis tadi pasti jadi ngerasa terpanggil.

Kesimpulan: gak semua seperti kelihatannya.
Pesen moral: jangan jajan sembarangan.
Gak nyambung? Lha, suka-suka. Udah gitu aja. Sekian.



(fb:23042014)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar