Minggu, 03 Juni 2018

Maldini Pali

Gue ngga suka nonton bola.
Iyah, beneran gak suka nonton bola.
Kalo semisal bisa milih, gue lebih suka nontonin mimik muka lu yang lagi konsentrasi baca buku, yang saking seriusnya sampe-sampe lupa kalo ada gue disamping lu. #etdah

Tapi aseli, Binar mata lu di balik kacamata persegi yang lagi fokus sama buku itu bener-bener ngebuat gue...
*langsung pengen nyanyi lagu hipnotis-nyah IDP
"kamuh/ kamuh/ hipnotis akoooh...//" #halah

Well, *benerin sikap* mengingat tidak sukanya gue akan bola, maka perlu gue ingetin sedari awal- jangan terlalu serius nyikapin apdetan ini. Karena apa? Karena berawal dari ketidaksukaan itu makannya gak usah heran kalo gue jadi oon banget soal sepak bola. Kaga ada ngarti-ngartinyah. Kaga ada idep-idepnyah. Kalo bahasa canggihnya mah, kaga kompeten.

Why? Kenapa sih, gue gak suka nonton bola?
Jujur aja, ini salah satu pertanyaan besar yang dulu kerap menggelitik rasio dan menjadi bahan pemikiran disela-sela kesibukan gue yang lagi fokus belajar nyepik, ngemodus dan tebar-tebar pesona ke para kaum hawa di luaran sana. Menjadi sebuah pekerjaan rumah tersendiri, mengingat sepak bola merupakan olahraga yang digandrungi oleh banyak manusia di seluruh dunia.
Pada tahun 2009 aja penggemar sepak bola di Indonesia tak kurang dari 52 juta jiwa. #wew
Bayangin coba?
Tapi dengan jumlah peminat sebegitu banyaknya kenapa gue sama sekali gak kegoda buat "pedekate" sama bola? Yah, ini memang misteri. Dan barangkali bisa dimasukin ke hestek #tujuh perkara paling misteri versi ijallagigilakaliyah
-________-"

Bermacem cara gue lakuin buat bisa ngejawab pertanyaan besar itu, dari nge-deket-in cewe-cewe cakep yang kebetulan suka nonton bola, nge-goda-in cewe cakep yang gak suka bola, tapi cowonya pemaen bola. (Yah... Semacem sekalian "maen api" gitu.) #ampundah. Sampe pe-de-ka-te-in cewe cakep yang gak suka nonton bola dan gak punya cowo pemaen bola tapi tetangga rumahnya yang masi balita kebetulan punya maenan bola-bolaan. Pokoknya beragam cewe yang punya korelasi dengan bola udeh gue coba deketin buat bisa mengorek informasi perihal tentang si kulit bundar itu, dengan harapan nantinya bisa ngebuat gue nemuin alesan kenapa sampe sekarang gue gak suka nonton bola.

Tapi apa? Alih-alih bukannya jadi tau alesan kenapa gue gak suka nonton bola, gue keknya malah jadi "suka"nyah sama cewe-cewe menggemaskan itu. #njritlah

Gak mo nyerah gitu aja, gue pun akhirnya mutusin buat nyoba maksain diri konsentrasi sebisa mungkin untuk ngamatin pertandingan sepak bola secara intens dengan pengamatan mendalam melalui pendekatan kualitatif dan metode semiotikanya RiffaTerre
#lebaybet #emang

Yah, akhirnyah gue bener-bener nonton bola. Kebetulan ketika itu yang tengah berlaga adalah Indonesia vs Korea Selatan. Singkat cerita di tengah pertandingan itu gue ngeliat bagaimana Maldini Pali seorang pemain sayap kanan dari team garuda muda dengan lihainya menginggiring, mengutak-atik, mengacaukan barisan pertahanan belakang lawan dan terus menerus berusaha mempertahankan bola sekuat tenaga dengan segala skill dribble dan kemampuan individunya yang diatas rata-rata agar bola jangan sampai jatuh ke pemain lawan. bener-bener seni bermain yang manjain mata para maniak bola, seakan-akan Maldini dan bola adalah soulmate yang gak mungkin bisa dipisahin oleh apapun, siapapun dan sampai kapanpun.

Tapi begitu si bola sepertinya udah menaruh harapan yang besar kepada pemain asal Mamuju ini, tiba-tiba doi langsung mengoper bola ke pemain laen, evan dimas. Begitu gampangnnya kek gak ada perasaan bersalah gitu. Lu bisa bayangin, kan gimana rasanya jadi si bola yang di-PHP-in macam tu? Digiring dan diperhananin mati-matian tapi pada akhirnya cuma buat diumpan ke orang laen, si bola pasti terpukul banget. seandainya dia punya laptop yang ada jaringan internetnya, pasti doi udeh bikin pesbuk or twitter dengan nama akun "akuyangcelaludihianati" or "@ngegalauakuhkarenakamuh" #ribet,kan?
#yakali,jall

Dan... Oh, Damn!
Jadi mungkin inilah alesan kenapa gue gak suka nonton bola.

"Karena kelakuan pemaen macam Maldini yang gemar nge-PHP-in bola, jal?"

Bukan.

"Karena lu simpati sama nasib bola yang di-PHP-in?"

Gue gak seideal itu, bro...

"Trus?"

Hmm... Gimana yah ngejelasinnyah...
*elus-elus dengkul
*mikir

Jadi barangkali ini ada kaitannya sama teory basic need-nya Maslow, bahwa manusia memiliki sifat dasar ingin dipuji, pada level tertentu ingin perfectsionis.
karena dorongan dasariah ingin dipuji itu, maka manusia akan sulit menerima yang namanya kritik. kritik biasanya lebih dekat menampakkan ketidaksempurnaan atau cela seseorang.

"Kaitannya sama keenggak-sukaan lu nonton bola, apah?"

Sederhananya, ngeliat pertandingan bola ngebuat gue ngerasa kesindir. beberapa tehnik pada permainan sepak bola dari merebut/tacling, terus meggiring/dribbling sampai pada akhirnya cuma untuk mengumpan/passing keknya menjadi semacem cara "semesta" buat mengeritik orang-orang yang hobby banget nge-PHP-in orang laen. Dan, yah. GUE NGERASA TENGAH DIKRITIK! hal ini barangkali yang sedari dulu udah ketanem di alam bawah sadar gue tanpa gue sadari makannya jadi ngebuat gue gak suka nonton bola. #anjrit

Tapi ya udahlah, ini cuma soal cara pandang personal. Laen mata laen interpretasinya. Kalau mau ditela'ah lebih dalam dengan hati kebuka dan kepala yang open mind, yah, memang begitulah sepak bola. Apa yang dilakuin Maldini itu luar biasa. Dia mungkin sadar betul pada kemampuan individunya yang diatas rata-rata, tapi bocah kelahiran 25 Januari 1995 dari pasangan Paulus Pangloli Pali dan Esti Tambing ini juga sepertinya mengerti benar bahwa sepak bola adalah permainan yang dilakukan bersama-sama, sebuah team work. Setiap pemain punya peran dan porsinya masing-masing. dia tidak bisa memaksakan egonya untuk melesakkan bola ke gawang lawan dengan kakinya sendiri, karena melihat situasi dan posisi, kecil kemungkinan gol akan terjadi. Meski ia telah mengacak-acak barisan pertahanan belakang lawan "sendiri" tapi ia menyadari perlunya kebesaran hati karena gol mungkin hanya akan tercipta bila ada sentuhan dari rekan se-team-nya. Evan Dimas. Dan... Benar saja, Assist darinya mampu menciptakan gol kedua bagi Indonesia. Lantas apakah Maldini dilupakan? nyatanya engga. Seenggaknya dimata gue.

Yup, Hergianto boleh punya tendangan "jebret" yang cantik dan Evan Dimas mampu ngebuat hattrick. Tapi permainan impresif dan kebesaran hati Maldini Pali ngebuat gue gatel bet pengen ngangkat topi ke doi.

ps: kebiasaan Maldini menelepon kedua orang tuanya setiap kali akan bertanding guna meminta doa mereka adalah salah satu alasan kenapa gue menaruh simpati sama bocah dari Sulawesi ini.




(fb:20102013)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar