Minggu, 10 Juni 2018

Gelap

"Jangan takut akan gelap
Kar'na gelap melindungi diri kita dari kelelahan."
(Jangan Takut Gelap - Tasya feat Sheila On7)

***

Hei kamu. Dimana kamu? Di sini tengah ada pemadaman lampu sejak pukul dua satu. Bagaimana ditempatmu? Apakah juga begitu?

Ah, kemana pula purnama? Rasa-rasanya baru kemarin lusa ia di atas sana menggantung anggun dalam siklus sempurnanya. Bahkan beberapa hari yang lalu, bersama bumi dan matahari ia nampak indah "berdarah" digaris lurus. Bahkan si dingin uranus datang secara khusus sebagai bonus. (Iya, di kotaku ia memang tersaput awan, tapi di kota kelahiranmu, pesonanya ramai diperbincangkan. Diabadikan.)

Tapi itu kemarin, kemarin lusa, dan kemarin-kemarin yang lain. Kali ini
purnama sepertinya malu-malu. Tak tahu kah ia? pemadaman lampu dan tanpa padang bulan membuat tugas akhir sekolah terasa semakin gelap saja?
Tidak, tidak. Aku tidak sedang mengeluh. aku hanya ingin berbagi cerita denganmu.

Iya, iya. Kini aku tak terlalu khawatir lagi soal gulita setelah kau dulu sempat berkata, "Sebab gelap membuat pupil mata akan terbuka lebih lebar dari biasanya, agar kita bisa peka pada minimnya intensitas cahaya. Maka bersyukurlah. Maka nikmatilah. Selama kamu percaya dan tetap membuka mata, ketidaktahuan hanyalah nisbi. sementara."

yah, begitulah. Sudah pernah aku katakan, bukan? kau memang selalu punya cara yang berbeda dari orang kebanyakan. Tak hanya mampu melihat sesuatu yang pahit dari sudut yang menarik, tetapi juga mampu melihat yang sepertinya tak nampak dari tempat yang gelap.

***

Ps: sebenarnya ingin kubagi catatan ini kemarin malam, tapi akunya ketiduran. Mungkin aku lelah. #apeuhlah






(fb:14102014)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar