Minggu, 03 Juni 2018

Jepang

"Sekarang aku tengah mendengarkan musik Jepang. Biar bagaimanapun kita harus kagum kepada Jepang. Musiknya walaupun bernada Barat tetapi hakekat daripada musik Jepang tak pernah hilang.

Suatu dasar yang kuat tak pernah dapat dikalahkan oleh kebudayaan Barat yang kuat itu. Kebudayaan Barat telah memusnahkan peradaban orang-orang Maori, Indian dan lain-lain. Tetapi kebudayaan Jepang masih sanggup mewarnai kebudayaan Barat.

Aku kira seperti ini: Jepang adalah tanah dan Barat adalah benih. Benih itu ditanam dan walaupun yang tumbuh pohon Barat, tapi pohon tadi telah mempunyai sifat-sifat yang khas Jepang. Apakah Indonesia sekuat Jepang? Setan pun tak tahu. Tapi aku kira begitu."
(Sabtu, 9 Agustus 1960. Dalam "Catatan Seorang Demonstran". --Soe Hok Gie. Jakarta, 17 Desember 1942 - puncak gunung Semeru, 16 Desember 1969.)

____________________
Seperti sepaham dengan Gie, dibeberapa perkara saya juga mengagumi Jepang. Terlebih pada produksi film-film Negeri Sakura ini, di mana Anri Suzuki, Sora Aoi, dan Maria Ozawa AKA miyabi menjadi bintang utamanya.

*mikir
*dikemplang



(fb:17122013)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar